DOA AGAR BADAN TELINGA DAN MATA SELALU SEHAT

Bismillah. Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Abi Bakrah rahimahullah, ia bekata kepada ayahnya, “Wahai Ayah, mengapa aku selalu mendengar Ayah membaca sebuah doa dan mengulang-ulangnya sampai tiga kali setiap pagi dan sore?”

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta.

“Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah, sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan Yang Berhak Diibadahi selain Engkau.”

Abu Bakrah Radhiyallahu ‘Anhu menjawab:

إِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَدْعُو بِهِنَّ فَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَسْتَنَّ بِسُنَّتِهِ

“Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berdoa dengan doa itu, maka aku suka mengikuti sunnah Beliau.”

(HR. Abu Dawud, no. 5090. Dan derajatnya dinilai “Hasan” oleh Syaikh Al-Albani rahimakumullah. Dan Syaikh Al-‘Allamah Abdul Aziz bin Bazz rahimakumullah meng-Hassan-kan isnadnya di dalam Tuhfatul Akhyar: 26).

#Pelajaran_Penting_Yang_Terkandung_Dalam_Hadits:

1. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setiap pagi dan sore sebanyak tiga kali.

2. Pentingnya mendidik anak dengan keshalihan ayah. Sebagian Ulama mengatakan bahwa keshalihan ayah akan memberikan dampak positif dan pengaruh yang baik kepada anak. Begitu juga dosa dan maksiat yang dilakukan ayah akan memberikan dampak negatif dan pengaruh yang buruk kepada anak. Maka semestinya para orangtua selalu memperbaiki dirinya dan meningkatkan kwalitas iman dan takwanya kepada Allah Subahanahu wa Ta’ala.

3. Bolehnya mengeraskan bacaan doa dan dzikir dengan niat supaya didengar dan ditiru oleh anak atau murid, atau dengan tujuan mengajari orang lain yang belum menghafalnya. Andaikan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak mengeraskan suara beliau, tentu para sahabat kesulitan mengetahui apa yang beliau baca saat itu.

4. Betapa besarnya manfaat dan keutamaan membaca wirid pagi dan sore, karena wirid itu mendatangkan pahala dan keridhoan dari Allah serta menjadi benteng dan pelindung bagi setiap muslim dari segala keburukan.

5.. Pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

6. Betapa agung manfaat dan keutamaan mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam setiap perkara agama. Dan hal ini hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimah.

7. Betapa besar semangat para sahabat Nabi dalam berupaya mengikuti dan mengamalkan tuntunan dan petunjuk Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam serta mengajarkannya kepada anak dan murid.

Demikian beberapa pelajaran penting dan faedah ilmiyah yang terkandung di dalam hadits ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Dan semoga kita diberi Allah Taufiq dan pertolongan-Nya serta kemudahan dalam mengikuti dan mengamalkan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s