TIGA AMALAN PENYELAMAT DI ZAMAN FITNAH

عن عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ : قُلْتُ : يَارَسُولَ اللهِ ، مَا النَّجَاةُ ؟ قَالَ : امْلِكْ عَلَيْكَ لِسَانَكَ ، وَلْيَسَعْكَ بَيْتُكَ ، وَابْكِ عَلَى خَطِيئَتِكَ.
(أخرجه أحمد 4/148(17467) و\”التِّرمِذي\”2406 قال التِّرْمِذِيُّ : هذا حديثٌ حسنٌ. الألباني الصحيحة ( 888 ).

Diriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Aamir radhiyallahu ‘anhu (seorang Sahabat Nabi), ia berkata: “Aku pernah bertanya; “Wahai Rasulullah, apakah keselamatan itu?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab; “Jagalah lisanmu, hendaklah rumahmu membuatmu merasa lapang, dan menangislah karena dosa-dosamu.

(HR. Ahmad IV/148 No.17467, At-Tirmidzi no. 2406 dan beliau berkata, Hadits ini derajatnya Hasan, dan Syaikh Al-Albani menilainya sebagai Hadits Shahih di dalam Silsilatu Al-Ahadits Ash- Shahihah no. 888).

» Di dalam hadits shahih ini, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam memberikan kepada umatnya tiga wasiat agung yang sempurna dan komprehensif.

Tiga wasiat itu bila dikerjakan, maka akan menyelamatkan pelakunya dari dosa yang membinasakan, kesia-siaan, dan dari berbagai fitnah dan keburukan di dunia dan akhirat, Yaitu;

✓ 1. “Jagalah lisanmu,

(Maksudnya: Janganlah engkau berbicara kecuali yang mendatangkan kebaikan, manfaat dan pahala. Dan jauhilah segala bentuk kedustaan, seperti menyebarkan berita-berita palsu dan dusta (Hoaks), dsb.

2. Hendaklah rumahmu membuatmu merasa lapang

(Maksudnya: betahlah untuk tinggal di dalam rumahmu agar engkau dapat menanamkan Aqidah Tauhid dan keimanan yang benar kepada keluargamu, serta mengajarkan ilmu yang bermanfaat dan akhlak yang mulia kepada mereka), dan

✓ 3. Menangislah karena dosa-dosamu.”

(Maksudnya: Perbanyaklah istighfar (memohon ampunan kepada Allah) dan bertaubat dari segala dosa dan maksiat, serta instrospeksilah dirimu atas segala kekurangan, kesalahan dan kelalaian kepada Allah).

Demikian Faedah Ilmiah yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin. (Pondok Pesantren Islam Al-Ittiba’ Klaten, 18 Maret 2020)

#Halaman_Facebook, KLIK:

https://www.facebook.com/ponpes.alittiba.klaten/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s