HUKUM MEMBERIKAN PINJAMAN ATAU BANTUAN KEPADA ORANG-ORANG NON MUSLIM UNTUK PERAYAAN DAN ACARA KEAGAMAAN MEREKA

Dijawab oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

(*) Masalah 397: HUKUM MEMBERIKAN PINJAMAN UANG ATAU BANTUAN LAINNYA KEPADA ORANG-ORANG NON MUSLIM UNTUK PERAYAAN DAN ACARA KEAGAMAAN MEREKA

الولاء والبراءTanya:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Afwan ada pertanyaan sbb :

Mau tanya, saya punya teman (non muslim) yg dulu pernah menolong saya dan dlm bbrp kesempatan saya pun pernah menolongnya juga. Namun kali ini teman tsb minta tolong pinjam uang utk ia dan keluarganya merayakan hari paskah dan sptnya hanya saya yg bisa dan diharapkan bantu dia.

Apakah saya boleh tolong teman saya tsb ?? Bgmn ya ? Terima kasih.

Jawab:

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Merayakan hari Paskah merupakan perayaan batil yg telah diharamkan oleh Allah dan Rosul-Nya. Oleh karena itu, TIDAK BOLEH bagi bapak/ibu menolongnya dengan memberikan pinjaman uang atau bantuan lainnya dlm bentuk apapun utk keperluan tsb karena termasuk tolong menolong dlm perbuatan dosa dan maksiat kpd Allah Ta’ala.

» Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala:

وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُواْ اللّهَ إِنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Artinya: “Dan janganlah kalian saling tolong menolong dlm perbuatan dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksa-Nya.” (QS. Al-Maa-idah: 2).

Para ulama Sunnah telah sepakat akan haramnya berpartisisapi dlm perayaan-perayaan yg diadakan oleh orang-orang kafir, atau membantu terselenggaranya perayaan batil tsb, atau memberikan ucapan selamat kpd mereka. Hal ini karena terkandung di dalamnya sikap setuju dan ridho serta menolong atas perbuatan dan keyakinan mereka yg batil lagi sesat dan kafir, sementara Allah dan Rasul-Nya telah mewajibkan kpd orang-orang yg beriman agar membenci dan memusuhi musuh-musuh Allah dan Rasul-Nya dari golongan orang-orang musyrik, kafir dan munafik, dan tidak memberikan pembelaan/pertolongan kpd mereka dlm perbuatan kekufuran, dosa n maksiat kepada Allah Ta’ala.

» Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala :

قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالَّذِينَ مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنَّا بُرَآءُ مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتَّىٰ تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَحْدَهُ

“Sesungguhnya telah ada suri tauladan yg baik bagimu pada (nabi) Ibrahim dan orang-orang yg bersama dia; ketika mereka berkata kpd kaum mereka: “Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yg kamu sembah selain Allah, kami ingakri (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian selama-lamanya sampai kamu beriman kpd Allah sj.” (QS. Al-Mumtahanah: 4).

» Jika bapak/ibu ingin menolong teman-teman yg non muslim, silakan menolongnya dlm hal-hal yg tidak ada kaitannya dengan perayaan atau acara n kegiatan keagamaan mereka. Karena agama Islam yg sempurna ini tidak pernah melarang umatnya utk berbuat baik dan bersikap adil kpd orang-orang non muslim (baca: kafir).

» Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala:

لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

Artinya: “Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak pula mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS. Al-Mumtahanah: 8).

Demikian jawaban yg dpt kami sampaikan. Smg dapat dipahami dan menjadi ilmu yg bermanfaat. Wallahu a’lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq. (Klaten, 19 April 2014).

» BBG Majlis Hadits, chat room Tanya Jawab.

(*) Blog Dakwah, KLIK:
https://abufawaz.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s