INILAH TANDA TIDAK IKHLAS DALAM BERDAKWAH KEPADA ALLAH

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

*INILAH TANDA TIDAK IKHLAS DALAM BERDAKWAH*

Syaikh Sholih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhohullah berkata: “Sebagian orang (yakni para Da’i) apabila tidak dipuji dan didukung (dakwahnya), maka dia akan meninggalkan dakwah. Hal ini menunjukkan bahwa ia tidaklah berdakwah (mengajak manusia) kepada Allah. Akan tetapi sesungguhnya ia sedang berdakwah kepada dirinya sendiri.” (Lihat kitab _I’anatul Mustafid_, hal.136).
Dan termasuk ciri-ciri dan tanda tidak ikhlas dalam berdakwah kepada Allah adalah:
Apabila seorang Da’i semakin bertambah semangatnya dalam berdakwah kepada Allah tatkala ia memiliki pengikut atau jama’ah yang sangat banyak, atau ketika mendapatkan Like dan Subscribe yang banyak di media sosial, atau tatkala memperoleh upah dan hadiah yang banyak dari jama’ah kajiannya.
Namun sebaliknya, ia semakin merasa malas dan bahkan berhenti dari berdakwah kepada Allah tatkala ia memiliki pengikut atau jama’ah yang sedikit, atau tidak ada yang memberikan Like atau subscribe kepada dirinya kecuali hanya sedikit, atau manakala memperoleh upah dan hadiah yang sedikit atau bahkan tidak mendapatkannya sama sekali.
Semoga Allah Ta’ala senantiasa memberikan bimbingan dan Taufiq-Nya kepada kita semua agar senantiasa ikhlas dalam berdakwah dan beribadah kepada-Nya. Dan semoga Allah Ta’ala melindungi kita semua dari penyakit riya’, sum’ah dan segala bentuk kesyirikan yang besar maupun yang kecil, yang nampak maupun yang tersembunyi. Aamiin.
(Klaten, 25 Juli 2019)
*Halaman Facebook:*
*IG:* muhammad_wasitho
*Blog Dakwah Sunnah (Pondok Pesantren Islam Al-Ittiba’ Klaten Jawa Tengah), Klik:*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s