BANGGA DIRI DENGAN BANYAKNYA AMAL MERUPAKAN SEBAB MASUK NERAKA

20140306-163018.jpg

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

Sifat bangga diri atau disebut dengan ‘ujub merupakan salah satu sifat tercela dan dibenci Allah ta’ala. Sama saja, apakah seseorang merasa bangga diri dengan hartanya, kedudukan n jabatannya, ketampanan n kecantikannya, popularitasnya, atau pun bangga diri dengan banyaknya pengikut, ilmu dan amal.

Sifat ini sangat dilarang di dalam agama Islam karena seseorang tidaklah bisa memasuki surga melainkan dengan rahmat Allah. Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ : «لَنْ يُدْخِلَ أَحَدًا عَمَلُهُ الْجَنَّةَ». قَالُوا وَلاَ أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ: قَالَ :« لاَ ، وَلاَ أَنَا إِلاَّ أَنْ يَتَغَمَّدَنِى اللَّهُ بِفَضْلٍ وَرَحْمَةٍ.

» Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Amalan seseorang tidak akan dapat memasukkannya ke dalam Surga.” Mereka (para sahabat) bertanya: “Apakah Engkau juga tidak, wahai Rasulullah?”, Beliau menjawab: “Aku jg demikian (yakni tidak masuk surga karena amalanku sj, pent). hanya saja Allah telah melimpahkan kepadaku karunia dan rahmat-Nya.” (HR. Imam Al-Bukhari no. 5673, dan imam Muslim no. 2816).

» Sa’id bin Jubair rahimahullah (seorang ulama tabi’in) berkata: “Ada seseorang yang masuk Surga disebabkan perbuatan maksiatnya. Dan ada pula seseorang yang masuk Neraka disebabkan amal kebaikannya.” Maka sebagian murid beliau bertanya kepadanya: “Bagaimana hal itu bisa terjadi?” Beliau menjawab: “Ada seseorang melakukan perbuatan maksiat, lalu ia pun senantiasa merasa takut terhadap azab (siksa) Allah akibat perbuatan maksiatnya, maka ia pun bertemu Allah (yakni meninggal dunia dlm keadaan demikian), dan Allah pun telah mengampuni dosanya karena rasa takutnya itu. Sedangkan ada seseorang yang beramal kebaikan, dan ia pun senantiasa merasa bangga diri dengan amalan kebaikannya tersebut, maka ia pun bertemu Allah dalam keadaan demikian, maka Allah pun memasukkannya ke dalam Neraka.”

Demikianlah bahaya ‘Ujub (merasa bangga diri) dengan amalan-amalan kebaikan dan kelebihan-kelebihan yang ada pada seorang hamba. Smg Allah melindungi kita semua dari penyakit ‘ujub dan sifat-sifat buruk lainnya. Amiin. (Madinah Nabawiyyah, 5 Maret 2014).

» BBG Majlis Hadits, chat room Bening Hati. PIN: 27F0CD30

(*) Silakan baca pula tulisan kami tentang “Rasa Takut Ulama Salaf terhadap Penyakit ‘Ujub” di Link berikut. KLIK:
https://abufawaz.wordpress.com/2014/01/06/beginilah-rasa-takut-ulama-salafus-sholih-terhadap-penyakit-ujub-merasa-bangga-diri-2/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s