BEGINILAH KIAT PIUTANG MENJADI AMAL SHOLIH YANG BERPAHALA

القرض الحسن
Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

Hutang piutang merupakan salah satu bentuk interaksi yg sering terjadi di tengah masyarakat. Akan tetapi, bagi seorang muslim, muamalah atau interaksi apapun yg dilakukannya, ia senantiasa berupaya agar meraih pahala n ridho Allah Ta’ala. Hal ini dikarenakan ia melandasi setiap perkataan dan perbuatannya dengan NIAT yang BAIK.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
Artinya: “Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang itu akan memperoleh sesuai dengan apa yang dia niatkan.” (HR. Al-Bukhari no.1, dan Muslim no.1907).

Berikut ini kami akan sebutkan beberapa kiat agar piutang atau harta yang kita pinjamkan kepada orang lain mendatangkan pahala n ridho Allah Ta’ala.

1. Harta yang dihutangkan adalah harta yang jelas dan murni kehalalannya, bukan harta yang haram atau tercampur dengan sesuatu yang haram.

2. Pemberi piutang/pinjaman tidak mengungkit-ungkit atau menyakiti penerima pinjaman baik dengan kata-kata maupun perbuatan.

3. Pemberi piutang/pinjaman berniat mendekatkan diri kepada Allah dengan niat ikhlas. Maksudnya hanya mengharap pahala dan ridho Allah Ta’ala semata. Tidak ada maksud riya’ (pamer) atau sum’ah (ingin didengar kebaikannya oleh orang lain), ‘ujub (bangga diri), dan semisalnya.

4. Pinjaman tersebut tidak mendatangkan tambahan manfaat atau keuntungan sedikitpun bagi pemberi pinjaman.

5. Ketika memberikan pinjaman niatnya ingin meringankan beban orang yg sedang kesusahan.

Demikianlah beberapa kiat islami agar meraih pahala dan ridho Allah Ta’ala dari piutang atau harta yg kita pinjamkan kpd orang lain. Smg menjadi tambahan ilmu yg bermanfaat bagi kita semua. Amiin.(Klaten, 26 Februari 2014).

» BBG Majlis Hadits, chat room Fadhilah Amal. PIN: 27FE9BE4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s