HUKUM QODHO (MENGGANTI) SHOLAT, SEBAB DAN WAKTUNYA

20130220-131054.jpg
Masalah 291: HUKUM QODHO (MENGGANTI) SHOLAT, SEBAB DAN WAKTUNYA

Dijawab oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

Tanya:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dulu kami diajari sholat qodho ketika tdk sengaja/terpaksa melewatkan salah satu sholat wajib. Namun skrg timbul pertanyaan krn kami blm membaca hadist dan alasan utk melakukan sholat qodho. Pertanyaan kami :

1. Apakah ada sholat qodho?
2. Mohon penjelasan hadis nya.
3. Kapan dilakukan sholat qodho?

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bismillah. Iya Benar demikian, bahwa Qodho (mengganti) sholat yg sdh terlewatkan pelaksanaannya pd waktunya itu ada tuntunannya dari Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
مَنْ نَامَ عَنْ صَلاَةٍ أَوْ نَسِيَهَا فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا لاَ كَفَارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ

Artinya: “Barangsiapa tertidur atau kelupaan untuk melaksanakan sholat (pada waktunya, pent), maka hendaknya ia melaksanakannya ketika ia ingat, (karena) tiada pengganti (penebus) untuk sholat (yg tlh lewat waktunya, pent) itu kecuali dengan melaksanakannya (ketika ia ingat, pent).” (Diriwayatkan oleh imam al-Bukhari n Muslim)

Dan disebutkan di dlm riwayat yg lain bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah tertidur dari melaksanakan sholat Subuh berjamaah pd waktunya. Dan beliau terbangun ketika matahari telah terbit (yakni waktu sholat Subuh tlh lewat). Maka beliau memerintahkan salah seorang sahabat (Bilal bin Robah radhiyallahu anhu) agar mengumandangkan adzan, lalu beliau sholat sunnah Qobliyah Subuh 2 rokaat terlebih dahulu, lalu dikumandangkan iqomat sholat, dan beliau sholat Subuh berjamaah dengan para sahabat radhiyallahu anhum.

Jadi, berdasarkan dua hadits di atas, kita dapat mengambil beberapa pelajaran penting n faedah ilmiyah, diantaranya:

1. Bahwa mengQodho sholat itu ada tuntunannya dlm agama Islam.

2. Sebab yg membolehkan Qodho sholat ialah KETIDURAN atau KELUPAAN dari melaksanakan sholat pd waktunya.

3. Waktu mengQodho sholat ialah pada saat seseorang terbangun dari tidurnya atau ketika ia INGAT bahwa ia belum melaksanakan sholat wajib.

4. Sholat sunnah Qobliyah Subuh 2 roka’at merupakan salah satu sholat sunnah yg tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, baik ketika mukim maupun safar.

Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg mudah dipahami n menjadi tambahan ilmu yg bermanfaat. Wallahu a’lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq.

(Sumber: BlackBerry Majlis Hadits, chat room Tanya Jawab. PIN: 2987565B)

About these ads

20 responses to “HUKUM QODHO (MENGGANTI) SHOLAT, SEBAB DAN WAKTUNYA

  1. Uatad jangan salah tafsir dengan Hadist yg Ustad sajikan, Hadist tsb bukan berarti mekodho shalat,,,tetapi melaksanakan shalat yg telat waktu…Jangan sampai Ustad nanti berat mempertanggungjawabkan kajian Ustad ini disisi Allah….”Tidak ada shalat yg Bisa di Kodho”. Apabila waktu shalat telah terlewat karena telah masuknya waktu shalat berikutnya maka “Istiqfarlah kepada Allah”

  2. saudara gatot yg muda2_an d rahmati allah,
    hadist trsbut itu sahih pak gatot,d dlm kalimat hadis trsbut ada kalimat yg trkait dngn kalimat amar (printah),maka kalimat amar trsbut mnjatuh kan pd hukum wajib<zanni(pasti yg brkesenambungan), ulama trpecaya dahulu tlah spakat mnguraikan hadist trsbut dngn ilmu sastra arab mreka,sprti imam syafi'i dlm kitab nya tlah mnsyarah hukum sholat qodho itu jatuh nya wajib,kpd saudara gatot saya anjurkan bnyk2 mncari pmahaman islam itu d dlm kitab2 clasic trdahulu,sprti kitab fatul karib matan abu sujak,syarah minhaj,fikah al-bajhury dll,krna pnjabaran nya lebih luas,tdak cetek yg sngt bnyk d kalangan zaman skrg ini hanya membaca buku2 biasa yg d karang oleh pngarang yg tdak jelas k'bradaan-a,dikit2 dalil nya allah itu maha pngampun dan maha mngetahui,ya ank kecil juga tahu itu klw allah itu maha pngampun dan maha mngetahui,tp kita harus bisa m'mahami sifat dari pd maha pngampun allah itu,
    smoga saudara gatot bisa lebih bijak lagi untuk m'mahami islam itu lebih bijak lagi,
    allahu'alam,
    by.al-mua'alifin.mutiara hati.com

  3. asslm…ustad maaf saya mau nanya tentang solat qodo, memang bener kalo melihat ke hadis tersebut kalau kita lupa atau ketiduran kita harus melaksanakan solat, apakah yg dimaksud itu solat taubat ato solat qodo? karena seandainya kita tidak solat hukumnya dosa jadi apakah itu harusnya solat taubat? dan kenapa kalo memang ada solat qodo, kenapa ada solat jama ato qosor? klo gk salah (mohon koreksi klo salah) setau sy saking wajibnya solat tidak bisa berdiri bisa duduk, tak bisa duduk bisa berbaring, klo gk bisa apapun kecuali berkedip ya dgn berkedip, jd pandangan sy untuk sekarang dimaksud dgn hadis dia atas adalah solat tobat bukan solat qodo. mohon pencerahannya ustad, hatur nuhun

  4. gatot anti ulama salaf x Kang..

  5. Galau saya tentang qadha shalat. Kalau memang qadha shalat itu ada lalu kenapa wanita hanya diwajibkan menqadha puasa Ramadhannya yang tinggal? Kenapa selesai haidh wanita tidak disuruh menqadha shalatnya juga?

    Kalau memang ada qadha shalat lalu untuk apa Jamak dan Qashar saat musafir?

    Kalau memang ada qadha shalat kenapa juga orang sakit juga tak boleh meninggalkan shalat? Bukankah bisa shalatnya nanti pas udah sembuh? Dalam keadaan apa pun bukankah kita wajib shalat kecuali sudah meninggal? Nggak bisa berdiri boleh duduk, gk bisa duduk boleh berbaring.

    Kenapa? Kenapa? Kenapa?

    Saya memperhatikan dgn adanya qadha shalat membuat shalat fardhu itu dianggap enteng.
    Saat selesai shalat fardhu sebenarnya kan shalat rawatib. Ditempat yg saya kunjungi ini mereka melaksanakan shalat qadha. Ada yg qadha shubuh, qadha zhuhur, qadha ashar.

    Tapi entahlah. Hom. :(

  6. Tapi kan katanya g boleh ninggalin 1 sholat pun..

    Kata ustad teman saya, jangan sampai tinggalkan sholat, contoh sholat subuh ketinggalan, trus kita bangunnya jam 8 begitu, terus kita langsung sholat subuh yg ketinggalan itu..

    Sebenarnya mana yg benar ?

  7. Tak Faham hadist tuh Pak Ustad si Gatot, bacanya buku komik aja

    • Apakah kalian membaca dengan teliti, qodho ini KHUSUS untuk kelupaan atau ketiduran…bukan karena haidh,atau safar. Wanita wajib membayar puasa ramadhan dan tidak wajib membayar shalat nya karena memang tidak ada perintahnya . Jamak itu menarik dua shalat di satu waktu..yg dikerjakan tepat di waktu shalat dari salah satu waktunya.jelas beda ..qodho yg dilakukan karena ketiduran atau kelupaan…semoga Allah Memudahkan kita memahami agamaNYA..aamiin.

    • Kita itu masuk ke ranah fiqih. Ranah ini sangat luas. Fiqih terus berkembang, hingga belakangan ini muncul; fiqih politik, fiqih sosial, fiqih prioritas, dan sebagainya. Fiqih berangkat pemahaman. Karena itulah fiqih rentan dengan perbedaan. Kalo rinci perbedaan tersebut, dalam hal sholat saja, bisa lebih dari 50 perbedaan pendapat.
      Perbedaan pendapat ini tidak dapat terelakkan, karena fiqih berangkat dari pemahaman. Di zaman shahabat pun terjadi perbedaan pendapat. Apalagi sekarang.
      Jadi silahkan kita berbeda pendapat, namun tetap prinsipnya, jaga sikap, menghargai pendapat orang lain, dan tetap memilih mana yang terbaik.

  8. LATIF SEGER Bila aq boleh nimbrong sering ten
    tang sholat qodho,…terkait pemahaman lupa sholat dan atau baru bangun dari tidur lantas waktu sholat sudah habis maka bisa diperhatikan hadits yang maknanya kurang kebih ” DIANGKAT PENA ATAS TIGA GOLONGAN Yakni ANAK KECIL HINGGA DEWASA, ORANG TIDUR HINGGA BANGUN, ORANG GILA HINGGA SEMBUH” Ada baiknya kita amati hadits dari ‘AISYAH yang diriwayatkan oleh Buchori dan Muslim yang artinya “Kami berhaidh dimasa Rosululloh saw, maka kami dititah mengqodho puasa dan tidak dititah mengqodho sholat ” baca Fiqih Sunah buku 3 halaman 187,
    .LANAA A’MAALUNA WALAKUM A’MAALUKUM,…..

  9. Memang kaum “sarungan” kebanyakan mereka gak paham Hadits .

  10. semakin ga jelas lihat komentarnya nih, padahal lagi butuh pengetahuan tentang islam yang benar, ustad tolong jelaskan dengan seksama agar kami tidak tersesat.

    saya pernah dengar tentang qodho dari kecil tapi ga tau pengertianya, saya setuju dengan kata kang Cahya bahwa “Saya memperhatikan dgn adanya qadha shalat membuat shalat fardhu itu dianggap enteng”

    terus mengenai hadist dibawah ini apa Rosulullah.saw saat itu mengucapkan niat sholat qodho? (hanya Allah yang tau)

    “Dan disebutkan di dlm riwayat yg lain bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah tertidur dari melaksanakan sholat Subuh berjamaah pd waktunya. Dan beliau terbangun ketika matahari telah terbit (yakni waktu sholat Subuh tlh lewat). Maka beliau memerintahkan salah seorang sahabat (Bilal bin Robah radhiyallahu anhu) agar mengumandangkan adzan, lalu beliau sholat sunnah Qobliyah Subuh 2 rokaat terlebih dahulu, lalu dikumandangkan iqomat sholat, dan beliau sholat Subuh berjamaah dengan para sahabat radhiyallahu anhum.”

    maaf ustad banyak nanya, saya tidakmengerti. trimakasih.

    • Bismillah. Dalam mengerjakan sholat fardhu pd waktunya atau setelah keluar waktunya (qodho sholat) Nabi shallallahu alaihi wasallam Tidak pernah mengucapkan Niat dengan lisan Beliau, Akan tetapi Beliau menetapkan Niat ibadah apapun hanya DI DALAM HATI. Oleh karena itu, kita wajib meneladani Beliau Dlm setiap urusan agama. Beliau bersabda: (وخير الهدي هدي محمد) yg artinya:”Dan sebaik-baik tuntunan adalah tuntunan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.”

  11. Bismillahirrahmanirrahim …
    Dalam hadis tersebut, apakah artinya melaksanakan subuh ketika bangun ataukah men’qodo’nya di hari lain. Kalau memang itu artinya melaksanakan ketika bangun, terus apakah ada hadis yang menyuruh kita untuk menqodonya di hari lain.
    Sukron katsiron … Semoga Allah memberikan kita kemudahan dalam memahami agamaNya

    • Bismillah. Hadits tsb menunjukkan bahwa waktu pelaksanaan qodho (pengganti) sholat yg terlewatkan dari sholat fardhu yg lima waktu (subuh, duhur, ashar, maghrib, dan isya) ialah KETIKA INGAT bahwa ia belum mengerjakan sholat fardhu tsb. Dan alasan syar’i yg membolehkan qodho hanyalah 2 sebab, yaitu: (1) LUPA, dan (2) TERTIDUR / KETIDURAN Dari mengerjakan sholat pada waktunya. Yakni seorang muslim/muslimah baru bangun tidur (malam/siang) setelah waktunya keluar (habis). Jadi, bisa sj seorang muslim baru ingat bahwa ia belum sholat selepas bangun tidur, atau baru ingat belum sholat setelah lewat 1 hari atau lebih. Adapun meninggalkan sholat karena keluarnya darah haidh dan nifas, maka tidak diperintahkan dlm syari’at Islam untuk meng-Qodhonya, sbgmn dijelaskan di dlm hadits yg shohih. Wallahu a’lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq. (Mekkah, 26 Desember 2013).

  12. Assalamualaikum….
    maaf pa ustad klo boleh saya tanya……
    itu kan alasan wajibnya cuma 2 yaitu ketiduran/tidur dan keluapaan….
    tapi bagai mana jika kita sedang di perjalanan jauh sedangkan tempat pemberhentian masih jauh apakah di wajibkan juga qadha sholat?

    tolong di berikan jawaban nya pa ustad biar kami paham

    wassalamualaikum….

    • waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
      bpk/ibu Al-inshani yg smg dirahmati Allah, jika bapak/ibu sedang dalam perjalanan jauh atau sebagai musafir, maka di dalam Syari’at islam DIBOLEHKAN men-JAMAK antara dua sholat. maksudnya, BOLEH menggabungkan antara dua sholat dengan melaksanakannya pada salah satu waktu dari dua sholat tsb. sebagai contoh; menggabungkan antara sholat Duhur dan Ashar dengan melaksanakannya pada waktu sholat Duhur, maka yg demikian ini disebut jamak taqdim. atau melaksanakannya pada waktu sholat ashar, maka ini disebut jamak ta’khir. demikian pula hukum ini berlaku untuk sholat maghrib dan isya.

      Dan DIBOLEHKAN juga bagi seorang musafir meng-QOSHOR (meringkas/memendekkan)sholat yg empat rokaat, seperti Duhur, Ashar, dan Isya menjadi dua rokaat.

      jadi, hal ini bukan disebut sebagai Qodho’ sholat, karena pelaksanaannya masih dalam waktu yg disyari’atkan oleh Allah dan Rosul-Nya. wallahu a’lam bish-showab.

  13. Ping-balik: sholat qodho | Ayo Sholat Tepat Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s