HADITS PALSU TENTANG SEPULUH SURAT AL-QUR’AN DAPAT MENCEGAH SEPULUH KEBURUKAN / الحديث الموضوع في “عشرة تمنع عشرة”

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

HADITS PALSU 10 SURAT MENCEGAH 10 KEBURUKANAkhir-akhir ini banyak sekali beredar di internet, BBM, SMS atau media
lainnya hadits-hadits bathil dan palsu yang tidak jelas asal-usul dan
sumbernya. Sehingga kita sebagai penuntut ilmu yang menginginkan
beribadah kepada Allah berdasarkan landasan hukum yang jelas dari
Al-Qur’an dan hadits-hadits yang shohih, merasa kesulitan dan tidak
akan pernah mendapatkannya ketika mencari dan menelitinya di dalam
kitab-kitab hadits shohih, dho’if, maupun palsu yang disusun oleh para
ahli hadits dari ulama-ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Ini menunjukkan
bahwa pemalsuan hadits dan berdusta atas nama Nabi shallallahu alaihi
wasallam masih terus terjadi dan jumlahnya sangat banyak, tiada
terbatas. Karena siapapun bisa membuat hadits palsu yang dinisbatkan
kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam, khususnya dalam masalah
Fadhilah Amal (amalan-amalan yang memiliki keutaaan dan pahala yang
besar).

Diantara tanda-tanda kepalsuan hadits-hadits tersebut sangat jelas,
selain tidak ada sanad dan sumbernya, biasanya di bagian terakhir
setelah selesai menyebutkan hadits palsu yang didustakan atas nama
Nabi shallallahu alaihi wasallam tersebut disebutkan kalimat
‘kirimkanlah atau sebarkanlah ke semua orang yang ada di dalam daftar
kontakmu, niscaya anda akan memperoleh pahala, atau dalam waktu sekian
jam atau hari anda akan mendapatkan kabar gembira, atau anda akan
terbebas dari segala problem’, dan kalimat-kalimat yang semisal itu.

Diantara hadits palsu yang beredar di internet, BBM dan SMS adalah
hadits berikut:

قال الرسول صلى الله عليه وسلم : عشرة تمنع عشرة :
سورة الفاتحة … تمنع غضب الله

سورة يس … تمنع عطش يوم القيامة

سورة الدخان … تمنع أهوال يوم القيامة

سورة الواقعة … تمنع الفقر

سورة الملك … تمنع عذاب القبر

سورة الكوثر … تمنع الخصومة

سورة الكافرون … تمنع الكفر عند الموت

سورة الاخلاص … تمنع النفاق

سورة الفلق … تمنع الحسد

سورة الناس … تمنع الوسواس

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Ada sepuluh perkara
yang mencegah sepulh perkara lainnya, (yaitu):
1. Surat Al Fatihah => mencegah kemarahan Alloh subhanahu wa ta’ala
2. Surat Yasin => mencegah kehausan dihari kiamat
3. Surat Ad Dukhon => mencegah kesusahan dihari kiamat
4. Al Waqi’ah => mencegah kefakiran
5. Al Mulk => mencegah siksa kubur
6. Al Kautsar => mencegah permusuhan
7. Al Kafirun => mencegah kekufuran pada saat dicabut nyawa
8. Al Ikhlas => mencegah kemunafiqan
9. Al Falaq => mencegah iri hati
10. An Nas => mencegah rasa was was

DERAJAT HADITS:
Hadits ini derajatnya MAUDHU’ (PALSU). Termasuk hadits yang didustakan
atas nama Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, karena tidak
mempunyai sanad, tidak jelas asal-usul dan sumbernya. Kita tidak akan
menemukan hadits ini dengan susunan kalimat seperti itu di dalam
kitab-kitab hadits yang disusun oleh para ulama hadits dari kalangan
Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Baik itu kitab yang memuat hadits-hadits
shohih, dho’if maupun palsu.

Memang sebagian surat Al-Qur’an yang disebutkan di dalam hadits ini
memiliki keutamaan berdasarkan hadits-hadits yang shohih, seperti
surat Al-Fatihah, Al-Mulk, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Sedangkan
hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan surat Yasin secara khusus
tidak ada yang shohih satu pun dari nabi shallallahu alaihi wasallam.
Dan hadits tentang keutamaan surat Al-Waqi’ah yang menunjukkan bahwa
ia dapat mencegah kefakiran bagi yang membacanya juga derajatnya tidak
shohih. Demikian pula hadits tentang keutamaan surat Ad-Dkhon, dan
surat Al-Kautsar tidak ada satu hadits pun yang shohih yang
menjelaskan tentang keutamaannya secara khusus. Bahkan sangat banyak
hadits-hadits yang dipalsukan oleh para pemalsu hadits dan disandarkan
kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam berkaitan dengan
keutamaan-keutamaan surat-surat Al-Quran. Masing-masing surat
mempunyai hadits palsu yang menerangkan keutamaannya secara khusus.

Setelah menyebutkan hadits-hadits yang shohih berkaitan dengan
keutamaan surat-surat Al-Qur’an, Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah mengatakan;
“Kemudian hadits-hadits selain itu, seperti hadits dengan lafazh,
“Barangsiapa membaca surat ini maka ia diberi pahala demikian (dan
semisalnya, pent), maka hadits-hadits tersebut dipalsukan atas nama
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.” (Lihat Al-Manar Al-Munif,
hal. 225-228).

Demikianlah salah satu HADITSPALSU yang telah beredar di internet,
BBM, SMS atau media lainnya yang dapat saya sebutkan untuk kali ini.
semoga kita semua semakin berhati-hati dalam mengamalkan hadits-hadits
Nabi, mengajarkan dan menyebarluaskannya kepada orang lain. Dan
hendaknya kita semua semakin bertambah semangat dalam mempelajari dan
memegang teguh hadits-hadits Nabi yang shohih. wabillahi at-taufiq. wa
Al-Hamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmu ash-sholihaat. (Klaten, 16
Maret 2012, PIN: 285734BB).

About these ads

13 responses to “HADITS PALSU TENTANG SEPULUH SURAT AL-QUR’AN DAPAT MENCEGAH SEPULUH KEBURUKAN / الحديث الموضوع في “عشرة تمنع عشرة”

  1. h.Muzeni Shafiee

    Jazakumullah kathiran.
    Semoga tulisan ust. terkait darejat-darejat hadits mendapat balasan Allah di yaumul hisab nanti..amin

  2. Sofyan Ats-Tsauri

    Bukankah salah satu keutamaan membaca surah Al Mulk adalah terhindar dari siksa kubur? Mohon penjelasannya

  3. alhamdulillah,saya jadi hati2 dengan hadist palsu

  4. Kan di AnTv ‘aϑà tayangan ust Yusuf Mansyur,dan dia Jùƍα menganjurkan bc surat Ÿª♌ƍ termasuk dlm hadist palsu itu,bagaimana itu Ust? Kami kan awam se x

  5. terus kalo dgn ayat2/ surat al-qur’an tdk bisa menjadi pelindung bagi yg membaca, seorang Muslim akan berlindung dgn ayat apa? Pake ayat injil? Orang seperti anda ini beraninya hanya berkoar2 dibalik layar, tapi kalau sdh bertemu ulama’2 ahlussunnah melongo kayak ayam sakit, hhhh…kasihan anda, org sakit yg berlagak mau menyembuhkan org lain, o iya ngomong2 sebulan anda dibayar brp untuk ngomong seperti ini? He he he…apapun yg anda lakukan org bodoh sekalipun tau mana yg benar mana yg salah, Indonesia ini negerinya Ahlussunnah wal jama’ah bung! Lebih baik anda pindah aja ke arab saudi kumpul bareng sama komunitas WAHABI SALAFI anda disana khan enak he he he…ttg artikel diblog ini saya ucapkan satu kata………PREEETTTTTTTT!!! Wahabi salafi NO WAY, qur’an dan hadits OKAY!
    HATI-HATI SAUDARAKU MUSLIM! KALAU ANDA TEMUKAN DAKWAH YG MODELNYA BEGINI INI ADALAH DAKWAH CARA WAHABI SALAFI, MAU TAHU SIAPA ITU WAHABI SALAFI BISA ANDA CARI DI GOOGLE. SEMUA DAKWAHNYA PASTI SEPERTI INI PEDAS, KASAR, PENUH KATA2 CACIAN, ADU DOMBA, DAN MEMECAH UMMAT ISLAM!!!

    • @nur, artikel ini apanya yg pedes, kasar n apalagi mencaci? sebelah mana yg mencaci yah? sebelah mana yg pedes n kasr nya yah? atau anda tersinggung krn anda yg suka menyebarkan sms macam bgini? buka hati saudara ku. . .jangan termakan emosi dan hawa nafsu belaka.

  6. Motto anda diatas tertulis “BERDAKWAH DENGAN LEMAH LEMBUT DAN PENUH HIKMAH” tapi disisi lain anda menyebut Ulama’2 ahlussunnah wal jama’ah memalsu hadits atas nama Rosululloh SAW, ini yg sebut dakwah dgn lemah lembut???

  7. Yesusanjingimbal

    @nur latifi kl ngomong mbok ya yang elegant,ndak perlu primitiv gitu kali…kl boleh tau alamat lengkapmu dimana?

  8. @nur latifi. waduuuh yang merasa pemegang teguh Kitabulloh Alquran dan Hadist shohih ngomong nya seperti itu sih mas.. saran saya coba belajar ilmu agama itu A-Z, artinya dari atas ke bawah, pelajari sejarah islam dari Nabi Muhammad SAW, para Shohabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in smp ke 4 imam Mazhab terus ke bawah pasti anda akan lbh terbuka hati dan pikiran nya..bukan nya terbalik belajar dari Z-A, klo metode anda membaca dari bawah ke atas seumur2 anda belajar agama ketika di ajak bertukar pikiran anda akan selalu meng copy paste apa yg di katakan orang…jangan sampai anda di tanya ” Kata siapa?” anda menjawab kata guru saya..kata buku, kata orang..mari mas kita sebagai saudara seiman dalam islam sama2 belajar..mudah2an Allah memberikan hidayah nya kepada kita.. Aamiin

  9. Mas nur ini rupanya agak kurang bisa memaknai tulisan ustd, jd salah pengertian. Beliau mewaspadai kita untuk tdk terjebak pd pesan berantai berisi seolah2 pesan anjuran kebaikan untuk mengamalkan sesuatu berdasarkan hadits yg sebenarnya tdk ada. Beliau jg menjelaskan bahwa khusus per item ada hadits2 yg menerangkan fadhilah membaca surat tertentu ada jg yg tdk, berdasarkan item yg disebutkan hadits palsu diatas. Saya rasa ustd ini sama dgn kita semua ber itiqad ahlu sunnah wal jamaah.

  10. Nur latifi, tolong pake otak anda… Anda paham gak sih bahasa Indonesia?

  11. Astaghfirullah……., semoga Allah memberikan hidayah kpda saudara kita Nur latifi, jangan sampai ketika anda di tanya tentang kesohehan dan riwayat hadist tersebut, anda menjawab kata si”Anu, Buku anu, Guru anu” Subhanallah…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s